Home / Realita / Blog / Serunya Acara Agustusan di Pinggir Irigasi

Serunya Acara Agustusan di Pinggir Irigasi

Acara Agustusan – Setiap tanggal 17 Agustus seluruh warga Indonesia memperingati Kemerdekaan Negara Republik Indonesia di mana berulang tahun yang ke-70 pada tanggal 17 Agustus 2015.  Setiap pelosok negeri mengadakan upacara penaikan sang saka merah putih diikuti nanti pembacaan teks proklamasi oleh pembina upacara.

Berikut ini lagu kebangsaan Indonesia yang membangkitkan semangat.

Hari Merdeka (17 Agustus 1945)

Tujuh belas agustus tahun empat lima
Itulah hari kemerdekaan kita
Hari merdeka nusa dan bangsa
Hari lahirnya bangsa Indonesia
Merdeka

Sekali merdeka tetap merdeka
Selama hayat masih di kandung badan
Kita tetap setia tetap setia
Mempertahankan Indonesia
Kita tetap setia tetap setia
Membela negara kita

Di kalangan warga masyarakat hampir di setiap tempat memperingati Kemerdekaan Indonesia ini dengan mengadakan berbagai lomba seperti lomba makan kerupuk, lomba balap karung, panjat pinang, joget berdua pake jeruk/tomat, lomba memasukkan pensil ke botol, dan masih banyak lagi.

Di pagi hari sekitar jam 7.30, saya coba menyusuri pinggiran sungai untuk melihat-lihat apakah di lokasi yang lain sudah siap dengan lomba-lombanya. Ini beberapa foto sebelum perlombaan dimulai terlihat salah satu yang akan dilombakan panjat pinang yang paling diminati.

Mungkin di hampir seluruh tempat lainnya yang namanya panjat pinang selalu tersedia. Kenapa sih disebut panjat pinang? Itu karena yang terpancang tegak ke atas menggunakan batang dari pohon pinang, namun karena sekarang sultinya untuk mencari pohon pinang diganti dengan bambu dengan diameter besar sering disebut bambu gombong.

Nah, meskipun tiang yang dipakai lomba menggunakan bambu tetap saja disebutnya panjat pinang bukan panjat bambu. Itu karena sudah menjadi kebiasaan menyebutkan panjat pinang.

Perlombaan panjat pinang ini sebagai ilustrasi seperti para pejuang kemerdekaan Indonesia yang dengan gigihnya memperjuangkan kemerdekaan Negara Republik Indonesia yang tercinta ini. Para pejuang dengan tanpa pamrih terus berjuang sampai titik darah penghabisan.

Kali ini dengan panjat pinang, mereka yang mengikuti lomba saling bekerja sama untuk berjuang semaksimal mungkin bisa naik ke puncak meskipun pinang/bambu yang tegak dilumuri oli. Peserta yang mengikuti perlombaan ini akan berupaya habis-habisan meskipun terlihat seluruh badanya nampak hitam dipenuhi oli. Tetap saja mereka antusias untuk meraih ke puncak.

Nah, kalau di tempat saya lebih menarik lagi di mana pohon pinang diganti dengan batang pohon pisang besar. Ini memang diperuntukkan bagi anak-anak usia 6-7 tahun, tingginya pun disesuaikan dengan usia mereka. Seru melihat anak-anak kecil ini terlihat kompak satu sama lain meskipun tubuhnya terlihat kotor sekali. Mereka tetap bersemangat untuk naik ke puncak.

Ada momen menarik ketika salah satu anak sudah sampai menyentuh puncak, namanya anak kecil karena gak bisa bertahan memegang tali di atas, terpaksa jatuh.

Supaya cepat selesai mereka dibantu juga oleh orang tua untuk dapat naek ke atas lebih cepat. Setiap kali ada yang jatuh orang tua coba membantu setengah jarak biar cepat naek meraih hadiah-hadiah yang sudah menanti di atas.

Semuanya ikut bergembira menonton panjat pohon pisang ini, termasuk saya sendiri hehehe.

Lihat video Serunya Acara Agustusan di Pinggir Irigasi bagian 1:

Lihat video Serunya Acara Agustusan di Pinggir Irigasi bagian 2:

Merdeka!

Mau Berbagi Cerita, Kisah, Inspirasi, dan Imaginasi Kamu di sini? kirim ke redaksi@beginiceritanya.com . Kamu bisa juga menulis langsung dengan mendaftar di beginiceritanya .


     

About Ahmad Fahrurroji

Profile photo of Ahmad Fahrurroji
Saya seorang blogger, desainer web, developer web, internet marketer dan antusias dengan WordPress, membangun website menggunakan Framework Genesis.

Check Also

Menulis Itu Gratis

Menulis itu Gratis Loh!

Anda menyukai menulis atau ngeblog, hal itu memang menyenangkan dan bisa mengekspresikan apa yang ada …

6 comments

  1. Seru banget, kelihatan dari gambarnya saja sudah bikin saya serasa nonton juga disana. Sayang, didaerah saya udah nggak ada yang kayak beginian. Soalnya memang udah sedikit banget tanah lapang disini.

    • Profile photo of Ahmad Fahrurroji

      Alhamdulillah di tempat saya masih rame hampir di sepanjang jalur irigasi rame dengan acara agustusan. Ya, ikut mendokumentasikan juga mas, seneng juga liatnya apalagi pas acara sudah dimulai.

  2. enak sekali suasana Agustusan di pinggir sungai didaerah mana nih mas? kalo di tempat saya jauh dari sungai

  3. Profile photo of Kucing Kampung

    Wah seru banget nih di tempat kang Ozi,m
    sayang sekali saya tak sempat menikmati lomba-lomba seperti ni lagi…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *